Pemalang Pusere Jawa

Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilukada, KPU Gandeng GOW, Gelar Sosialisasi

0

PEMALANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Pemalang, Selasa (15/5/2018) gelar Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, yang diikuti 100 orang Anggota GOW di Sasana Bhakti Praja Pemalang.

Usai memberikan materi sosilisasi, Anggota KPU Kabupaten Pemalang, Waryono mengatakan, diselenggarakanya sosialisasi tersebut, selain bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas guna memilih pemimpin untuk lima tahun kedepan. Sosialisasi juga dimaksudkan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada saat pelaksanaan pemilukada nanti.

Menurut Waryono, sosialisasi dilakukan sampai dengan menjelang pelalaksanaan atau hari H. karena, sosiaslisasi tidak dibatasi seperti jadwal kampaye. Bahkan tiga hari sebelum pelaksanaan pemilukada justru menjadi saat terbaik untuk sosialisasi agar masyarakat betul-betul menghadiri tempat pemungutan suara dan mengunakan hak pilihnya. Waryono menandaskan, bahwa partisipasi tidak ada kaitanya dengan anjuran untuk memilih salah satu paslon yang sedang berkompetisi.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, harapanya masyarakat menjadi paham bahwa Jawa Tengah akan punya hajat besar memilih gubernur dan wakil gubernur. kedua dengan sosilisasi, bisa mengurangi sekecil mungkin tingkat kesalahan dan ketiga, dapat meningkatkan partisipasi masyarakat sehingga diharapkan dapat menghadirkan pemilih yang lebih banyak sehingga prosentase kehadiran masyarakat Kabupaten Pemalang menjadi tinggi.

Beragam cara dilakukan KPU Kabupaten Pemalang untuk sosialisasikan pemilukada. Selain tatap muka dengan kelompok-kelompok masyarakat, sosialisasi juga dilakukan dengan menggelar pertunjukan seni budaya, publikasi keliling, media massa, media sosial dan media elektronik. (ay)

Comments
Loading...