Inilah Buku yang Bisa Menyelamatkan Masa Depan Dunia

Pernahkah terlintas di pikiran anda dari mana asalnya buku? Sebelum menjadi buku proses apa saja yang terjadi? Kita cenderung cuek dengan hal-hal semacam itu. Padahal buku erat hubungannya dengan lingkungan. Buku juga memberi sumbangan eksploitasi kayu di hutan-hutan di seluruh dunia. Ya, karena buku berisi kertas yang terbuat dari serat kayu.

Untuk itulah muncul inovasi berupa e-book. Membaca tanpa membutuhkan buku secara fisik. Lalu muncullah lagi buku yang ramah lingkungan. Buku yang bisa tumbuh menjadi tanaman jika kita tanam dalam tanah. Berikut ulasan buku unik yang di setiap lembar halamannya berisi biji tanaman.

1. Buku Pertama Yang Bisa Ditanam

Buku ini memiliki judul “Mi papa estuvo en la selva” atau dalam bahasa Inggris memiliki arti “My Daddy was in the jungle” atau “Ayahku Di Hutan”. Penulis dan ilutrator dari buku ini adalah Gusti dan Anne Decis.

Perusahaan penerbitan Pequeno Editor  menerbitkan buku ini.  Buku ini telah membawa gerakan go green ke tingkat yang lebih tinggi. Walaupun sekarang ini buku cetak mulai digantikan oleh ebook yang lebih ramah lingkungan, perusahaan penerbitan ini masih mencoba untuk memuaskan selera pembaca konservatif sekaligus berpartisipasi dalam upaya pelestarian alam. Buku ini merupakan bagian dari proyek Tree Book Tree. Buku ini diperuntukkan untuk anak-anak dengan usia 8-12 tahun. Buku ini menceritakan tentang hutan dan bagaimana cara untuk menghargai setiap makhluk hidup.

Lanjutkan membaca Inilah Buku yang Bisa Menyelamatkan Masa Depan Dunia

5 Detik Tanpa Oksigen, Lima Kehancuran Inilah yang Akan Dialami Bumi

Bisakah kita hidup lima detik saja tanpa oksigen? Mungkin menurut Anda, tidak bernapas selama lima detik bukanlah hal yang sulit. Namun, harus diingat bahwa kegunaan oksigen bukan hanya untuk bernapas.

Oksigen memiliki banyak sekali fungsi yang tidak kita sadari dalam hidup kita. Kita yang selama ini tidak begitu peduli pada lingkungan dan seenaknya mengotori udara tidak akan pernah menduga. Inilah lima kehancuran yang bisa dialami bumi jika kita kehilangan oksigen selama lima detik saja.

1. Langit di Siang Hari akan Berwarna Abu-Abu

Oksigen tidak hanya lapisan udara yang melindungi kita dari sengatan matahari. Dengan bantuan oksigenlah langit di siang hari tampak biru cerah seperti yang biasa kita saksikan. Namun, jika oksigen hilang dari bumi, maka langit biru yang indah itu juga akan ikut lenyap.

11326603224_e998a825f0_b

Langit akan Berwarna Abu-Abu

Mengacu pada langit yang menjadi biru akibat cahaya matahari, maka sebelum cahaya matahari menjangkau permukaan bumi, langkah pertama yang harus dilalui oleh cahaya matahari tersebut adalah melewati lapisan udara (20% Oksigen) tak kasat mata atau yang terkenal dengan istilah Atmosfer.

Diluar angkasa, cahaya matahari yang pada awalnya tidak berinteraksi dengan media apapun saat memasuki atmosfer mulai berinteraksi dengan molekul molekul udara yang dapat menyebabkannya terhambur ke segala arah. Lanjutkan membaca 5 Detik Tanpa Oksigen, Lima Kehancuran Inilah yang Akan Dialami Bumi

SELAMAT DATANG DI SITUS KANTOR LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN PEMALANG