JUM’AT BERSIH DEMI ADIPURA

Kegiatan Jum'at Bersih

Kegiatan Jum’at Bersih

Dalam rangka menyongsong dan mendukung pelaksanaan penilaian ADIPURA Tahun 2014-2015 maka setiap SKPD diperintahkan untuk menggiatkan kembali “Jum’at Bersih” melalui surat dinas dari Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Nomor : 660.1/2140/KLH tanggal 25 Agustus 2014 perihal Pelaksanaan Gerakan Jum’at Bersih.

Kegiatan Jum'at Bersih

Kegiatan Jum’at Bersih

Adapun untuk pelaksanaan Jum’at Bersih dilaksanakan setiap hari Jum’at I dan III dilokasi yang telah ditentukan sedangkan untuk Jum’at II dan IV dilokasi SKPD masing-masing, Bagian Umum Setda Kabupaten Pemalang mendapat jatah lokasi di hutan kota widuri bersama dengan Bagian Organisasi, Bagian Adm.pembangunan dan Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pemalang sebagai koordinator. Setiap akhir bulan kegiatan tersebut dilaporkan kepada Bupati Pemalang cq. Kepala Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang.

Diharapkan kegiatan ini terus berjalan bukan hanya ada penilaian ADIPURA tetapi sebagai kegiatan rutin sebagai mana semboyan “Jum’at Bersih, Sabtu Hijau, Minggu sehat”.

BINTEK PENGELOLAAN KEARSIPAN DAN SURAT MENYURAT SESUAI TATA NASKAH DINAS DILIGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN PEMALANG

Bintek Pengelolaan Kearsipan dan Surat Menyurat

Bintek Pengelolaan Kearsipan dan Surat Menyurat

Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang kearsipan dan surat menyurat agar sesuai dengan Tata Naskah Dinas, maka Bagian Umum Setda Kabupaten Pemalang menyelenggarakan kegiatan Bintek Pengelolaan Kearsipan dan Surat Menyurat sesuai Tata Naskah Dinas.

Kegiatan dimaksud dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 10 September 2014 bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kabupaten Pemalang yang diikuti oleh para Kasubag. TU/Umum atau pelaksana yang bertugas menangani persuratan di semua SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, adapun untuk narasumber yaitu :

  1. Ibu Maria Maharsi Pradoposari, SH., MH dari Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah;
  2. Bapak Fadli Kurniawan, S.STP., MP dari Bagian Organisasi Setda Kabupaten Pemalang;
  3. Bapak Nurokhman, S.IP dari Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Pemalang.

Bintek Pengelolaan Kearsipan dan Surat Menyurat tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan laporan pelaksanaan kegiatan oleh Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Pemalang yaitu Bapak Sujarwo, SE serta dilajutkan dengan sambutan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang yang dibacakan oleh Plh. Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Pemalang yaitu Bapak W. Joko Susilo, SH., M.AP sekaligus membuka Bintek Pengelolaan Kearsipan dan Surat Menyurat.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Plh. Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Pemalang Bapak Sekretaris Daerah berharap kegiatan tersebut dapat menjadi pedoman dalam malaksanakan tugas kedinasan khususnya di dalam surat menyurat agar sesuai dengan Tata Naskah Dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang dimana sudah ada dasar hukumnya yaitu Peraturan Bupati Pemalang Nomor 47 Tahun 2010 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang j.o. Peraturan Bupati Pemalang Nomor 31 Tahun 2011.

PNS senam militer

Hari ini, Jum’at 25 April 2014 dihalaman pendopo terasa berbeda, biasanya setelah mengikuti apel pagi terdengar suara musik aerobik setelah para karyawan/i langsung berbaris dihalaman pendopo, namun kali ini tidak terdengan musik aerobik tetapi para karyawan/i sudah berbaris rapi dengan dikomandoni oleh anggota militer dari Kodim 0711 Pemalang, ada apa ini????????

Ternyata untuk pertama kali PNS dilingkungan Setda Kabupaten Pemalang mengikuti kegiatan senam militer yang pimpin langsung oleh anggota Kodim 0711 Pemalang  bertempat di halaman pendopo Kabupaten Pemalang.

Selain para karyawan/karyawati yang ikut senam militer tetapi pejabat Eselon II, III dan IV tidak mau ketinggalan untuk mengikuti kegiatan tersebut, antar lain Asisten Administrasi Umum Sekda,  Kabag. Umum Setda, Kabag. Pemerintahan Setda, Kabag. Keuangan Setda, Kabag. Adm. Pembangunan Setda, dll.

Senam militer jelas berbeda dengan senam aerobik yang biasa dilakukan para PNS, senam militer lebih mengutamakan gerakan fisik dan otot, semua gerakan yang dilakukan menggunakan hitungan agar lebih semangat, sedangkan untuk senam aerobik lebih ke variasi dan kelenturan gerakan dan di iringi dengan musik aerobik tentunya.

Kegiatan senam militer ini akan dilaksanakan setiap hari Jum’at dan dilanjutkan dengan senam aerobik sedang tujuan kegiatan tersebut tentunya untuk menjaga kebugaran para karyawan/i sehingga dalam melaksanakan tugas bisa terlaksana dengan penuh semangat dan kondisi yang fit.

kartini

Bagian Umum Kartininan

kartiniDalam rangka memperingati Hari Kartini Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui surat resmi yang dikirim kepada setiap SKPD menghimbau agar para karyawati mengenakan baju kebaya pada hari senin atau bertepatan pada tanggal 21 April 2014.

tidak ketinggalan semua karyawati pada Bagian Umum Setda Kabupaten Pemalang juga ikut memeriahkan dalam rangka Hari Kartini dengan mengikuti kegiatan fashion show dan lomba karaoke yang diadakan oleh Dharma Wanita Kabupaten Pemalang yang bertempat di Sasana Bhakti Praja.

kegiatan tersebut tidak hanya diikuti oleh karyawati/PNS wanita yang bekerja di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Pemalang tetapi juga para istri PNS. kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Ketua TP. PKK Kabupaten Pemalang yaitu Ibu Hj. Irna Setiawati, SE.