Pemalang Pusere Jawa

H- 7 Exit Tol Fungsional Gandulan Lancar.

0

PEEMALANG – H – 7 jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H./2018, Tol fungsional untuk exit Gandulan sampai saat ini masih lancar terkendali sejak mulai dibuka pada Jum’at (8/6/20118)) pukul 06.00 wib di Brexit. Demikian disampaikan Kapolres Pemalang, AKBP. Agus Setyawan Heru Purnomo, SH.SIK Jum’at (8/6) saat ditemui di Exit Tol Gandulan malam ini.

Dikatakan Kapolres, kendaraan pemudik yang keluar dari exit Gandulan hingga saat ini relatif sedikit. Karena Gandulan hanya mencover Pemalang, Pekakongan dan Purbalingga. sedangkan untuk pemudik yang menuju ke Semarang, tidak keluar di Gandulan tapi bisa lanjut dan keluar melalui exit tol Gringsing.

Terkait dengan Pos Pelayanan, Kapolres mengemukakan, selain beberapa pos yang ada didalam tol, dijalur pantura ada 4 pos besar sebagai pos tumpuan. Dari pos besar itu kemudian akan dibagi lagi pos-pos payung.
Kapolres menambahkan, pada setiap 5 kilometer juga akan ada pos pantau yang berfungsi untuk menerangi jalan utamanya pada saat malam hari. Karena tol fungsional relarif belum dilengkapi lampu penerangan.

Sementara itu, untuk penutupan U-turn atau penggal jalan di jalur pantura hingga sekarang belum dipasang. karena bergantung situasi dan kondisi. Jika nanti pada saat situasi .penuh u-turn akan ditutup. Sesuai skenario, penutupan U-turn akan dibagi menjadi 4. Tapi kalau situasi landai berarti U-turn tidak ditutup.

“Ketika U-turn ditutup, tentu masyarakat akan lebih jauh saat memutar, tapi harus kita sadari bersama, bahwa ada banyak orang berkepentingan disini. Jadi hal itu dilakukan demi kelancaran bersama-sama. Kita coba atur sehingga masyarakat lokal tidak terganggu kepentinganya dan rekan-rekan yang mudik juga tidak terhambat ” . tutur Kapolres.

Sedangkan untuk mencegah laka lantas ,kepada para pemudik yang menggunakan tol fungsional, Kapolres mengimbau supaya hati-hati dalam melaksanakan mudik. Apabila lelah segera beristirahat, selanjutnya siapkan dan cek kondisi kendaraanya sehingga tidak terjadi troble.
“Kalau mau melewati jalan tol persiapanya harus lebih baik lagi, karena didalam tol rest areanya sangat terbatas “, imbau Kapolres.

Tidak hanya itu, pihaknya juga mengingatkan, agar para pemudik yang akan melewati jalan tol untuk memeriksa kelayakan kendaraannya, karena di sepanjang ruas jalan tol bengkel mobil hanya terdapat di rest area.
“Walaupun ada bengkel mobil yang setiap saat berkeliling, tetapi akan lebih baik kalau kita dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan dengan menyiapkan kendaraan sebaik baiknya “. ujar Kapolres (ay)

Comments
Loading...