Pemalang Pusere Jawa

Bupati Launching Sistem Layanan Informasi Publik Secara Online

0

PEMALANG – Sistem Layanan Informasi Publik secara Online berbasis Aplikasi Android dan website PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Kabupaten Pemalang, hari ini Selasa, (10/7/2018), secara resmi di launching oleh Bupati Pemalang Junaedi. Peluncuran layanan online tersebut, dibarengkan dengan Rakor PPID, di salah satu hotel di kawasan Jl.A.Yani. Pemalang.
untuk dapat menjadi Badan Publik yang informatif, Pamerintah Kabupaten Pemalang harus dapat mengembangkan suatu sistem layanan informasi publik yang oepat, mudah, dan murah. Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Pemendagri) Nomor 3 Tahun 2017, tentang Pedoman Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintahan Daerah.

Untuk itulah, maka PPID Kabupaten Pemalang mengembangkan layanan informasi publik online berbasis website dan aplikasi android.

Bupati Junaedi, saat launching kegiatan tersebut, menyambut baik terhadap langkah yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pemalang, dalam menyelenggarakan kegiatan ini, yang merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam rangka menjadi Badan Publik Informatif.
“Melalui Badan Publik lnformatif ini, diharapkan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja kegiatan penyelenggaraan pemerintahan daerah yarg berperan dalam setiap keberhasilan program kerja dan pembangunan di Kabupaten Pemalang”, kata Junaedi.

Dikatakan, saat ini, informasi merupakan kebutuhan pokok bagi setiap manusia untuk dapat mengembangkan hidup baik secara politik, hukum, ekonomi dan sosial budaya. Oleh karena itu tidak salah jika kebebasan memperoleh informasi publik merupakan bagian dari hak asasi manusia.
“Bahkan efektifltas pembangunan nasional, juga ditentukan oleh adanya komunikasi yang baik, antara pemerintah selaku pejabat publik dengan masyarakat”, ujarnya.

Sementara itu, Kadiskominfo Kabupaten Pemalang, Nugroho BR, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan, agar PPID Pembantu dapat memahami tata cara pengisian konten informasi publik pada website ppid.pemalangkab.go.id, serta tersosialisasikannya website PPID Kabupaten Pemalang kepada masyarakat.

“Sedangkan tujuannya yaitu, agar PPID pembantu dapat berperan aktif dalam pengisian konten Informasi Publik pada website PPID Kabupaten Pewalang”, jelasnya.

Selain itu, untuk sukses dan lancarnya kegiatan ini, pihaknya mendatangkan Sekda Kabupaten Pemalang Budi Rahardjo, sebagai  nara sumber dan juga peserta dari betbagai unsur, yang diikuti 100 orang, terdiri dari, PPID pembantu dan petugas pelaksana PPID Pembantu, serta tamu undangan berjumlah 80 orang terdiri dari pimpinan perangkat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, Akademisi dan netizen.

Comments
Loading...