Pemalang Pusere Jawa

Diskominfo Pemalang, Latih 156 Operator Website Sekolah

0

PEMALANG – Sebanyak 156 operator website sekolah, mengikuti pelatihan pengelolaan website program sejuta domain yang digelar Dinas Komonikasi Dan Informatika Kabupaten Pemalang, hari ini, Rabu (8/8/2018), di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemalang.

Pelatihan yang diikuti oleh keterwakilan sekolah (SD, MI, SMP), Madrasah, Ponpes, Organiasasi dan UMKM Kabupaten Pemalang tersebut, dilaksanakan selama 5 hari yang dimulai hari ini, hingga 14 Agustus 2018 (jeda hari Sabtu dan Minggu). Sementara untuk teknis pelatihan, dilakukan secara bertahap dengan jumlah peserta sekitar 30 orang setiap harinya, dengan materi seputar pengisian konten, yang disampaikan oleh Fasilitator Kemenkominfo RI Area Pemalang, dan sekitarnya, yaitu Solikhin (Masol) dan Sarwo Edi.

Didampingi Kasi Aplikasi Bidang Penyelenggaraan e-Government, Muji Syukur, Kepala Diskominfo Kabupaten Pemalang, Nugroho Budi Raharjo, dalam arahannya menyampaikan, program 1 Juta domain merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, berupa pemberian domain, dan hosting (website) dengan pembiayaan APBN.

Disampaikan Nugroho, program tersebut bertujuan,, untuk mendorong optimalisasi akses internet, dalam negeri dan mempercepat akses konten lokal.
Nugroho menambahkan, bahwa dalam jangka panjang, program ini akan membuat akses internet menjadi lebih murah, karena semakin dominannya akses internet dalam negeri, yang tidak membutuhkan bandwitdh internasional yang mahal. Selain itu tujuan lainnya adalah, untuk meningkatkan konten-konten positif dan produktif di internet, sekaligus penggunaan domain, dan hosting lokal yang mana akan mengurangi trafic internet ke luar negeri.

“Manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengikuti program ini, adalah dapat memiliki website sendiri, dengan domain Indonesia atau i.d”, jelas Nugroho kepada para peserta.

Nugroho kembali menjelaskan, bahwa program tersebut, sudah dilaksanakan sejak 2016, dengan sasaran UMKM, sekolah, madrasah, pondok pesantren, komunitas/organsiasi, dan desa.

“Sampai dengan Tahun Anggaran 2018, melalui fasilitator Kementerian Kominfo RI, Dinas Kominfo Kabupaten Pemalang, sudah membangun 380 website terdiri dari UMKM, Organisasi dan Sekolah”, ungkapnya.

Sedangkan kepada instansi yang sudah memiliki website, pihaknya minta agar mereka dapat memanfaatkannya lebih optimal lagi.

“Kami berharap instansi yang sudah memiliki website, agar dapat memanfaatkanya lebih optimal lagi”, harap Nugroho. (ay).

Comments
Loading...