Pemalang Pusere Jawa

Pelajar Harus Paham UU ITE

0

PEMALANG – Sekitar 100 orang guru dan pelajar yang merupakan perwakilan dari SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Pemalang, Rabu (1/8/2018) antusias mengikuti sosialisasi UU Tentang ITE (Informasi Dan Transaksi Elektronik), dan UU Tentang KIP (Keterbukaan Informasi Publik) di Taman Patih Sampun Pemalang.

Sosialisasi yang digelar di alam terbuka oleh Diskominfo Kabupaten Pemalang itu, (semata) bertujuan untuk memberikan pemahaman khususnya bagi para pelajar terkait kedua undang-undang tersebut, sekaligus mengenalkan aplikasi Sistem Informasi Cerdas Menganalisa Ragam Data (Si Cemerlang).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kominfo Pemalang Drs. Nugroho Budi Rahardjo, MM. mengatakan, dalam perkembangan teknologi informasi yang sangat maju ini, diharapkan semuanya mampu menerima, mengolah dan menyebarkan informasi yang ada.

“Disamping itu pelajar juga harus mengerti dan memahami peraturan maupun undang-undang yang memayunginya”, kata Nugroho.

Sebagai penutup, Nugroho menekankan, bahwa gawai atau gadget ini seperti pisau dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari tetapi juga dapat digunakan untuk kejahatan.

Sebelumnya, Kabid Penelenggaraan E-Government Diskominfo Kabupaten Pemalang, Drs.Khalimi, dalam laporannya menyampaikan, tujuan digelarnya sosialisasi tersebut, tak lain adalah agar para pelajar, selain dapat memahami UU Tentang ITE, sehingga mereka dapat berhati-hati, saat berinteraksi (dengan) melalui internet.
“Kegiatan ini juga bertujuan, supaya para pelajar bisa memahami UU KIP, sera tahu tentang aplikasi Si Cemerlang”, jelasnya.

Masih dalam laporanya, Khalimi berharap kepada para peserta, untuk dapat mendesiminasi informasi, kepada seluruh perangkat sekolah agar siswa tidak menyebarkan, dan memproduksi hoaks.

Materi sosialisasi disampaikan oleh Ria Adi Vanata dan Kurniasih Puji Rahayu. Penyampaian interaktif ini kembali diharapkan mampu diserap dan diaplikasikan oleh peserta dalam kesehariannya. (ay)

Comments
Loading...