Pemalang Pusere Jawa

Via Feratta Mendelem Raih Penghargaan Pesona Indonesia Award

0

Pemalang – Wisata Taman Rancah Via Feratta Bukit Mendelem, Kabupaten Pemalang mewakili Jawa Tengah meraih penghargaan Anugerah Pesona Indonesia untuk kategori wisata petualangan, di gedung Sapta Pesona Kementan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Jumat, (22/11/2019).

Penghargaan diserahkan Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Guntur Sakti kepada Bupati Pemalang Junaedi diwakili Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sapardi.

Kepala Disparpora Sapardi mengatakan, dengan meraih penghargaan ini menunjukkan objek wisata dengan ciri khusus patut untuk dikembangkan.

”Adanya penghargaan ini, pariwisata di Pemalang akan dikenal luas,” ujamya.

Taman Rancah Via Feratta ini berlokasi di Bukit Mendelam atau lebih dikenal sebagai Gunung Mendelam atau Gunung Jimat. Spot wisatanya dilengkapi dengan sarana wisata Via Ferrata. Via Feratta ini berupa besi berbentuk huruf U yang ditancapkan ke bebatuan bukit dan dilengkapi dengan tali seling untuk mangamankan para pendaki.

Via feratta di Bukit Mendelem dikelola oleh kelompok pencinta alam Sabawana Belik. Via Feratta cocok bagi penyuka olahraga wisata yang menantang. Dengan meniti Via Feratta pelancong akan menguji nyali mendaki bukit dengan cara yang berbeda.

Meski demikian, bagi wisatawan yang tidak mau mencoba tebing Via Fertata disediakan sarana lain, seperti jembatan goyang, flying fox, mmah pohon, dan berbagai spot foto menarik.

Bukit Mendelem merupakan wilayah dataran tinggi di Kabupaten Pemalang dengan ketinggian 1.450 di atas permukaan laut. Karena itu, ketika mendaki bukit tersebut dan berada di puncaknya, terasa berada di negeri di atas awan.

Tak sedikit wisatawan yang memilih mendaki bukit pada sore hari. Sebab akan mendapatkan bonus pemandangan matahari terbenam (sunset) dan Gunung Slamet dengan gagah.

Via Feratta Bukit Mendelem memiliki panjang lintasan 410 meter. Wahana ini sudah hanyak menarik wisatawan dari berbagai kota, seperti Jakarta, Yogyakarta, dan Semarang Lokasinya dapat terlihat dari Jalan Raya Pemalang -Purbalingga/Purwokerto.

Via Feratta Bukit Mendelem terpilih melalui polling sms pada Juni- Oktober 2O 19 dengan peroehan 84,39%.

“Pemalang saat ini sudah mulai bergeliat dari sektor pariwisatanya, bahkan pilihan tempat wisatanya banyak. Selain bisa berkunjung di pantai, bisa pula bersantai di pegunungan, yakni lereng Gunung Slamet, dengan beraneka ragam objek wisata,” papar Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Sapardi.

Dia mcngatakan, berdasarkan data Disparpora saat ini di Pemalang ada sekitar 40 lokasi objek wisata alam yang tersebar di berbagai kecamatan.
”Apabila hal itu dimaksimalkan dan dikelola dengan baik akan mendatangkan pendapatan daerah yang besar. Pendapatan daerah yang dimaksud, yaitu pendapatan untuk tiap desa dan pendapatan untuk Pemerintah Kabupaten”, ujarnya.

Comments
Loading...