Pemalang Pusere Jawa

Bupati Pemalang Lantik Pjs Kades Sodong Basari

0

Pemalang – Penjabat Kepala Desa persiapan Sodong Basari Kecamatan Belik akhirnya dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Pemalang Junaedi, di Balai Desa Persiapan Sodong Basari, Rabu, (15/1/2020).

Desa Sodong Basari merupakan hasil pemekaran Desa Sikasur, Kecamatan Belik. Pemekaran dilakukan karena selain Desa Sikasur terlalu luas, juga untuk pemerataan pembangunan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Pemalang mengatakan Proses pemekaran ini juga tidak berjalan secara tiba – tiba tetapi sudah melalui proses yang panjang dan cukup lama yakni diawali dengan jajak pendapat masyarakat Dusun Sodong Desa Sikasur Kecamatan Belik. pada bulan Desember 2009 dengan hasil 96.95% suara menyetujui dibentuknya Desa Sodong. Selain itu, telah dilakukan pula Observasi oleh Tim yang hasilnya menyatakan bahwa usulan pembentukan atau pemekaran Desa Sikasur dapat ditindaklanjuti. Observasi ini tentu saja melalui kajian berbagai hal termasuk di dalamnya kajian mengenai syarat – syarat pembentukan desa yang ditinjau dari segi batas usia Desa Induk, jumlah penduduk, sosial budaya, sumber daya yang meliputi, SDM, SDA dan sumber daya ekonomi pendukung dan lain sebagainya.

“Meskipun proses pemekaran Desa Sikasur ini sempat tementi dikarenakan adanya moratorium pemekaran desa dan kelurahan dari Kementerian dalam Negeri, namun Syukur Alhamdulillah saat ini sudah sampai pada tahap terbentuknya Desa Persiapan”, kata Bupati.

Diungkapkan juga bahwa untuk proses pembentukan Desa Persiapan sampai dengan Desa definitif masih ada tahapan yang harus dilalui yaitu proses evaluasi dalam kurun waktu maksimal 3 tahun.

“Sehubungan dengan hal itu. kepada Sdr. Ediyanto selaku Penjabat Kepala Desa Persiapan Sodong Basari, Saya minta untuk segera melakukan konsolidasi internal dan konsultasi, guna menuju desa definitif, segera bentuk struktur organisasi Desa Persiapan”, katanya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Ediyanto sebagai penjabat Kepala Desa Persiapan Sodong Basari ini, dihadiri Camat Belik beserta anggota Forkompimca Belik, Kepala Desa Sikasur dan tokoh masyarakat setempat.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat Kepala Desa Persiapan Sodong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang, juga dihadiri camat Belik beserta jajaran forkompimca dan kepala Desa Sikasur kecamatan Belik.

Comments
Loading...