Pemalang Pusere Jawa

Cegah Longsor, Forkorpimda Tanam Rumput Di Cawet

0

Pemalang – Guna mengurangi dan mencegah bencana tanah longsor, Bupati Pemalang Junaedi bersama jajaran Forkorpimda Kabupaten Pemalang, Pegiat lingkungan, Karang taruna, GP Ansor, Pemuda Pancasila, Tagana KSB Pemalang dan masyarakat setempat, bergotong – royong menanam rumput jenis Vetiver di lahan yang berpotensi terkena bencana tanah longsor di Desa Cawet Kecamatan Watukumpul, Jumat, (13/3/2020).

Bupati Pemalang usai melakukan penanaman mengatakan peringkat potensi bencana setiap tahun berubah – ubah termasuk Kabupaten Pemalang yang tadinya peringkat ke enam sekarang menjadi kelima di Jawa Tengah.

“Ini menandakan bahwa kita harus lebih waspada, masyarakat juga harus lebih peduli kepada lingkungan. Dan pergerakan bumi setiap tahun berbeda – beda, jadi ini mengakibatkan potensi kerawanan di negeri ini, termasuk Kabupaten Pemalang”, ujarnya, didampingi Kapolres Pemalang, Dandim Pemalang dan Camat Watukumpul.

Bupati menambahkan bahwa kecamatan Watukumpul merupakan wilayah dengan potensi rawan bencana tertinggi di Kabupaten Pemalang.

“Yaitu potensi bencana tanah longsor dan ini yang menjadi konsen kita bersama untuk meningkarkan kewaspadaan dan kepedulian bersama”, kata Junaedi.

Maka hari ini lanjut Junaedi, sebagaimana arahan bapak Presiden, Polres tampil di depan bersama TNI mengajak masyarakat untuk menanam rumput vetiver, sebagaimana rumput yang ditanam Presiden di Bogor pada saat pimpinan daerah melaksanakan Rakor di Bogor. Ini adalah implementasi instruksi Presiden yang harus dilaksanakan oleh setiap Kabupaten Kota.

“Dalam hal ini Polres memberi contoh dan mengajak kepada masyarakat, untuk melakukan hal yang baik. Dan ini luar biasa”, pungkasnya.

Comments
Loading...