Pemalang Pusere Jawa

Antisipasi Bencana Alam, Kodim 0711/Pemalang Gelar Pasukan

0

PEMALANG – Kodim 0711/Pemalang, bersama Polres Pemalang dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang, hari ini Rabu, (21/10/2020) melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi bencana alam di wilayah Kabupaten Pemalang Tahun 2020.
Apel gelar pasukan yang dipimpin Dandim 0711/Pemalang, Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, diikuti Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang, Satpol PP, BPBD, Dinkes, Dishub, Dinsos, Pramuka, Tagana, TRC BPBD, dan PMI Kabupaten Pemalang di Lapangan Apel Makodim 0711/Pemalang.

Usai memimpin apel, Dandim mengatakan, apel gelar perlengkapan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang, karena menurut Dandim, musim kemarau sudah beralih ke musim penghujan

” Jadi hari ini kita gelar untuk cek kesiapannya, disamping nanti kita lengkapi yang lainnya”, kata Dandim.

Dandim menandaskan, TNI, Polri bersama Pemda sudah siap untuk mengatasi kemungkinan terjadinya bencana alam khususnya di wilayah Kabupaten Pemalang. Dandim melanjutkan, dari TNI seluruh personel sudah disiagakan personil dari Kodim akan dibantu Pos Angkatan Laut,  dan Satradar akan dikerahkan untuk membantu mengatasi kemungkinan terjadinya bencana alam di Pemalang.

Mewakili Bupati Pemalang, Sekda, M. Arifin menyebutkan, ada beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Pemalang yang dikategorikan berpotensi terjadi bencana alam, diantaranya, wilayah Kecamatan Ulujami, Bodeh dan sebagian wilayah di Kecamatan Petarukan, Watukumpul, Belik dan Pulosari. terkait hal itu,  adanya gelar pasukan yang dilaksanakan hari ini adalah untuk antisipasi bencana alam.

“Kita harus siap setiap saat seandainya terjadi bencana alam di wilayah Kabupaten Pemalang”,kata Sekda.

Sekda menyampaikan, pihaknya sudah memerintahkan Kepala Dinpermasdes untuk segera membentuk posko – posko di kecamatan. Menurut Sekda, meskipun bencana belum ada tapi lebih baik kita siap mengantisipasi. Menyangkut anggaran, kata Sekda, melekat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) dan di beberapa OPD lain dan secara fungsional nanti akan di cover. Sekda menuturkan, setiap bencana harus dapat kita tanggulangi dengan baik.

Sementara itu, Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo mengatakan, apel gelar pasukan, bagi Polres sendiri sebagai wujud nyata kesiap- siagaan dalam hal tanggap bencana.
Kapolres menjelaskan, selain sudah menyiapkan sarana dan prasarana, Babinkamtibmas dengan Babinsa yang ada diseluruh desa juga sudah diberi tahu terkait tanggap bencana yang ada.

“Dari sektor deteksi dini,  ada di masing- masing desa yang nantinya kita dapat bersama -sama turun lapangan agar bencana di wilayah Kabupaten Pemalang bisa teratasi”,  kata Kapolres.

Comments
Loading...
Office Lizenz Kaufen Windows 10 pro lizenz kaufen Office 2019 Lizenz Office 365 lizenz kaufen Windows 10 Home lizenz kaufen Office 2016 lizenz kaufen