Pemalang Pusere Jawa

Santri Pemalang Diajak Terapkan 3M

0

PEMALANG – Di Hari Santri Nasional (HSN)  yang diperingati  pada hari ini, Kamis, (22/10/2020),  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, H. Fahrur Rozi mengajak kepada para santri di Pemalang agar dimasa pandemi covid-19 ini, untuk senantiasa menerapkan 3M. Yakni, Memakai Masker, Mencuci Tangan Pakai Sabun dan Menjaga Jarak. Dikatakannya bahwa masa pandemi covid-19 merupakan suatu musibah yang harus disikapi secara bijak oleh para santri. Ajakan tersebut disampaikan saat ditemui di Kantornya, kemarin.

Menanggapi adanya  covid-19 yang tengah merebak saat ini, Fahrur Rozi, menuturkan, sesungguhnya dibalik musibah tersebut ada hikmahnya. Dijelaskan, para santri dahulu belajar menggunakan kertas, sekarang sudah beralih ke dunia digital. Terkait itu, pihaknya menghimbau agar santri tidak boleh berkecil hati tapi harus mengejar dan menguasai teknologi informasi. Fahrur Rozi juga mengajak kepada masyarakat Kabupaten Pemalang untuk selalu berdoa dan memohon kepada Allah SWT, agar semuanya selalu diberikan keselamatan.

Menyinggung rangkaian kegiatan pada peringatan Hari Santri Nasional tahun ini, Fahrur Rozi menjelaskan, sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015, kemudian petunjuk pelaksanaan dari Direktorat   Pendidikan Diniyah, Dan Pondok Pesantren pada Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI bahwa pelaksanaan peringatan Hari Santri Nasional diselenggarakan dengan tiga kegiatan, diantaranya adalah, Upacara Bendera Peringatan Hari Santri Nasional 2020 yang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 22 Oktober Tahun 2020. Pada upacara tersebut, seluruh pegawai Kantor Kemenag Kabupaten Pemalang, mengikuti secara virtual.

Kegiatan lain yang telah diselenggarakan dalam rangka HSN 2020 di Pemalang adalah Halaqoh atau saresehan di Pendopo Kabupaten Pemalang yang digelar bersama Pemkab Pemalang pada 19 Oktober 2020. Halaqoh atau saresehan yang dibuka oleh Bupati Pemalang, H. Junaedi, dihadiri Ketua MUI Jawa Tengah, KH. Ahmad Darodji, dan Forkompimda Kabupaten Pemalang. Saresehan seperti dikatakan, H. Fahrur Rozi tidak hanya diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Pemalang saja, tapi dilaksanakan juga dibeberapa wilayah eks Kawedanan. hal itu dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kerumunan, guna mencegah  penyebaran covid-19.

H. Fahrur Rozi mengemukakan, disamping melaksanakan penta’asyarufan zakat dalam bentuk paket sembako senilai Rp.250 ribu yang diberikan kepada lima ratus orang Marbot Masjid di Kabupaten Pemalang yang sudah dilaksanakan sejak rabu kemarin, kegiatan lain yang dilakukan Kemenag Pemalang pada HSN tahun ini adalah turut serta dalam kegiatan khotmil Qur’an yang diselenggarakan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Untuk tahun ini,  Khotmil Qur’an diikuti oleh para santri se Jawa Tengah termasuk didalamnya para santri dari sejumlah pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pemalang.

Comments
Loading...
Office Lizenz Kaufen Windows 10 pro lizenz kaufen Office 2019 Lizenz Office 365 lizenz kaufen Windows 10 Home lizenz kaufen Office 2016 lizenz kaufen