Pemalang Pusere Jawa

Deteksi Munculnya Bibit Radikalisme, Polres Pemalang Kukuhkan Da’i Kamtibmas

0

PEMALANG – Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo bersama anggota Forkopimda, Selasa (6/4/2021) menghadiri acara pengukuhan dan pembinaan Da’i Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), di Pendopo Kabupaten Pemalang. Pengukuhan ditandai dengan pengalungan surban oleh Bupati, Kapolres dan Dandim 0711/ Pemalang kepada perwakilan Da’i Kamtibmas.

Pada acara tersebut, Bupati menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada para Da’i Kamtibmas yang baru saja dikukuhkan. Bupati berharap, mereka dapat mengemban tanggung jawab dan amanah dengan baik.
Dalam kesempatan itu, Bupati juga memberikan apresiasi kepada Polres Pemalang yang telah berinisiatif dan bekerja keras menyelenggarakan acara tersebut.

“Saya berharap, dengan kegiatan seperti ini, kita semua dapat menjalin sinergitas yang kokoh guna mewujudkan cita-cita kehidupan berbangsa dan bernegara serta mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera”, ucap Bupati.

Da’i Kamtibmas yang baru dikukuhkan, lanjut Bupati, nantinya akan bersama -sama dengan Polri serta stakeholder lainnya untuk menciptakan rasa aman sehingga tercipta Kamtibmas yang kondusif.

Bupati mengharapkan, Da’i Kamtibmas nantinya dapat menciptakan rasa aman dan tentram, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitas tanpa ada rasa khawatir terhadap berbagai ancaman, baik ancaman tindak pidana, ancaman terorisme maupun ancaman dari kelompok-kelomlok radikal.

Keberadaan Da’i Kamtibmas, ungkap Bupati, diharapkan dapat mencegah dan mendeteksi munculnya bibit – bibit radikalisme di masyarakat, sehingga paham radikalisme tidak berkembang dengan leluasa.

“Sampaikanlah, bahwa semua agama mengajarkan kebaikan, toleransi, saling menghargai dan mengutuk segala bentuk tindak kejahatan, termasuk tindak kejahatan terorisme yang belakangan ini marak terjadi diberbagai daerah di Indonesia “. tandas Bupati.
Da’i Kamtibmas adalah mitra Polri dan Pemerintah yang berperan sebagai ujung tombak dalam melaksanakan fungsi preventif atau pencegahan terhadap berbagai ancaman yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Untuk itu, Bupati mengajak kepada kita agar keberadaan Da’i Kamtibmas bisa dijadikan sebagai langkah kerja sama dan sinergitas antara Polri dengan Pemerintah dalam rangka mewujudkan stabilitas dan kondisifitas Kamtibmas di masyarakat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Kapolres Pemalang, AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho menyampaikan, dari 42 orang Da’i Kamtibmas yang dikukuhkan hari ini berasal dari NU, Muhamadiyah, dan penyuluh agama dari KUA di masing -masing kecamatan se wilayah Kabupaten Pemalang.
Para Da’i Kamtibmas, seperti disampaikan Kapolres, nantinya akan bertugas memberikan pencerahan, membina umat, memberi dan menerima informasi Kamtibmas, kesadaran hukum dan juga menyampaikan program – program pemerintah terkait penanganan covid-19, sehingga masyarakat taat terhadap protokol kesehatan yang akhirnya ikut memberi andil untuk keselamatan warga demi kemanusiaan.

Kapolres optimis, Da’i Kamtibmas Polres Pemalang akan mampu berkiprah untuk kemaslahatan, menjaga kerukunan antar umat, khususnya dakwah Islam yang Rahmatan Lil Al-Amin bersama Polres Pemalang dan jajaran Pemerintah Daerah.

Sebelumnya, Kasat Binmas Polres Pemalang, AKP Nasoir melaporkan, kegiatan pengukuhan dan pembinaan Da’i Kamtibmas diselenggarakan sebagai tindak lanjut program prioritas Kapolri pada poin ke 5,  yaitu Pemantapan kinerja pemeliharaan Kamtibmas, serta surat telegram Kapolda Jateng tentang pembentukan FKPM Da’i Kamtibmas di Jajaran Polda Jateng. Sedangkan tujuan dari pengukuhan dan pembinaan Da’i Kamtibmas adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesatuan hukum masyarakat yang dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan agar dapat tercipta situasi Kamtibmas yang kondusif.

Masih dalam isi laporannya, Kasat Binmas menyampaikan, para calon Da’i Kamtibmas Polres Pemalang merupakan tokoh agama yang telah ditunjuk oleh Polri dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Pemalang dan berasal dari kalangan Ormas NU, Ormas Muhamadiyah, Penyuluh Agama di KUA dan personil Bhabinkamtibmas sebagai pendamping Da’i Kemtibmas.

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda, Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Dandim 0711/Pemalang, Letkol Inf Irvan Christian Tarigan,  Sekda, M. Arifin beserta para Kepala OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang, Kepala Kantor Kemenag Pemalang, H. Fahrur Rozi, Penasehat Robithoh Alawiyah Kabupaten Pemalang, Habib Muhdor Asegaf, serta undangan lainnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.