Pemalang Pusere Jawa

Sambut Hari Rabies, Dinpertan Pemalang Adakan Vaksinasi Hewan Gratis

0

PEMALANG – Menyambut hari rabies sedunia tahun 2021, Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang melalui UPT Rumah Potong Hewan (RPH) dan Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) akan melaksanakan vaksinasi rabies massal untuk hewan kesayangan. Vaksinasi rabies gratis akan dilaksanakan pada hari Rabu, 22 September sampai dengan Selasa, 05 Oktober 2021 di Puskeswan Pemalang yang beralamat di sebelah Barat Pos Polisi Terminal Bus Pemalang.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Medik Veteriner pada UPTD RPH dan Puskeswan Dispertan Kabupaten Pemalang, drh. Haviz Faisal mengatakan, Untuk jam pelayanan vaksinasi rabies di Puskeswan akan dilaksanakan setiap hari Senin – Kamis Pukul 08:00 – 12.00 WIB dan Jumat Pukul 08.00. dengan kuota hanya 15 ekor per hari. Bagi masyarakat yang akan memvaksinasi hewan kesayanganya dapat Klik Link pendaftaran di https://bit.ly/rabiespemalang2021

Dikatakan Haviz, Dispertan Kabupaten Pemalang mendapatkan alokasi vaksin rabies dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah sejumlah 200 dosis yang akan dialokasikan untuk vaksin rabies gratis di Puskeswan Pemalang sejumlah 150 dosis dan Puskeswan Randudongkal sejumlah 50 dosis. Adapun hewan yang menjadi target vaksin rabies tersebut adalah hewan penular rabies yaitu kera anjing dan kucing. Haviz menerangkan, syarat untuk hewan yang boleh divaksin rabies yaitu hewan yang sudah berumur lebih dari 4 bulan, sehat dan bagi hewan betina sedang tidak bunting.

Penyakit rabies seperti dikatakan Haviz merupakan penyakit zoonosis yakni penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia dan penyakit rabies ini menurut Haviz termasuk penyakit yang bila menular ke manusia bisa sangat fatal dan hampir 100 persen menyebabkan kematian. Karena itu vaksinasi rabies ini sangat penting untuk menjaga hewan hewan penular rabies ini agar tidak terkena rabies. Haviz menjelaskan di Provinsi Jawa Tengah, status dari Kementan untuk penyakit rabies adalah bebas rabies, tidak ada kejadian.

Selengkapnya
1 daripada 402

” Jadi dalam melindungi Provinsi Jawa Tengah khususnya yang masih bebas rabies mempertahankan status Jawa Tengah bebas rabies maka setiap tahun mengadakan vaksin rabies gratis “. kata Haviz

Diluar program vaksinasi rabies gratis, pelayanan di Puskeswan Pemalang dan Randudongkal adalah pelayanan kesehatan hewan jadi ada pencegahan seperti pemberian obat cacing dan juga pelayanan pengobatan hewan yang sakit dan itu dikenakan biaya sesuai Perbup 2018.

” Puskeswan Pemalang sejak berdiri tahun 2014 sampai dengan 2019 sudah mengadakan pelayanan kesehatan hewan secara gratis. Dan pada tahun 2020 di perbupkan ada retribusi .” tutur Haviz.

Haviz melanjutkan, untuk pelayanan kesehatan hewan di Pemalang dan sekitarnya dalam kurun waktu 3 tahun ini cenderung meningkat.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.