Pemalang Pusere Jawa

HWN 2021, Pemalang Gelar Wayang Secara Virtual

0

PEMALANG – 7 November ditetapkan sebagai Hari Wayang Nasional (HWN), itu setelah Presiden Jokowi menandatangani Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 30 tahun 2018 tentang penetapan HWN.

Memperingati Hari Wayang Nasional (HWN) 2021, Pemerintah Kabupaten Pemalang menggelar wayang yang disiarkan secara virtual melalui kanal youtube Pemerintah Kabupaten Pemalang. Acara digelar dalam satu malam suntuk dengan dalang Ki Mangun Yuono dengan lakon “Anoman Duta”, di Halaman PKK Kabupaten Pemalang, Rabu (17/11/2021).

Acara dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo dan Wakil Bupati Mansur Hidayat bersama Forkopimda Kabupaten Pemalang, Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Provinsi Jawa Tengah Nur Widodo, Ketua Organisasi Kebudayaan di Kabupaten Pemalang dan Tokoh Masyarakat Pemalang.

Pagelaran dengan dalang Ki Mangun Yuono dengan Lakon Anoman Duta, sebelum acara pegelaran wayang dimulai ditandai dengan penyerahan wayang dari Bupati kepada dalang.

Selengkapnya
1 daripada 416

Bupati menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pepadi Kabupaten Pemalang beserta semua pihak atas inisiatifnya menyelenggarakan pagelaran wayang kulit ini.

Ditambahkan juga bahwa wayang indonesia merupakan seni Mahakarya dunia yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur atau Masterpiece of oral and intangible heritage of Humanity karena wayang memiliki filosofi yang luar biasa untuk dijadikan tontonan, tuntunan dan tatanan hidup.

Terdapat ajaran moral, karakter, serta etika dalam kehidupan yang diperankan oleh wayang, sehingga menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan mewariskan wayang dengan berbagai kreatifitas dan inovasinnya kepada generasi muda. Beliau juga menuturkan bahwa dalam bahasa jawa, kata wayang beratti “bayang” ditinjau dari filosofinya wayang berarti bayangan atau cerminan kehidupan dan cerminan sifat – sifat dalam diri Manusia seperti sifat angkara murka maupun segala macam sifat kebaikan dan wayang digunakan sebagai instrumen untuk memperagakan suatu cerita kehidupan manusia di jagad  raya melalui pertunjukan wayang.

Bupati Agung juga mengajak, kepada semua yang hadir untuk tetap menjaga protokol kesehatan dimanapun kita berada, dengan menerapkan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas Serta ikut serta mensosialisasikan dan mensukseskan program Vaksinasi dengan tujuan memutus rantai Virus Covid-19.(GI)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.